Rengga Prakoso Nugroho

Definisi Terbaru Teknologi Pendidikan AECT 2023: Cakupan Lebih Luas dan Relevansi Terkini

3 min read

AECT telah memperbarui definisi Teknologi Pendidikan pada tahun 2023, yang kini memiliki cakupan lebih luas. Definisi ini mirip dengan versi 2008 oleh Januszewski dan Molenda, tetapi menambahkan beberapa aspek baru dalam lingkup dan bidang garapannya.

Perubahan Fundamental

The ethical study and application of theory, research, and practices

Dalam definisi terbaru, AECT memperlebar sayap garapan teknologi pendidikan hingga pengembangan ilmu pengetahuan. Berbeda dengan definisi sebelumnya yang menekankan pada implementasi praktis. Pelebaran sayap ini menunjukkan bahwa bidang teknologi pendidikan dapat bersanding dengan keilmuan - keilmuan tentang manusia, teknologi dan budaya.

to advance knowledge, improve learning and performance, and empower learners

AECT pun merombak tujuan yang awalnya cukup sederhana. Definisi terbaru menghilangkan pembatas antara memfasilitasi dan meningkatkan performa dengan menggabungkan kedua bidang tersebut menjadi satu kesatuan. Adanya penyesuian tren pembelajaran yang memberdayakan pebelajar. Mengubah paradigma pembelajaran yang awalnya sebatas transfer pengetahuan menjadi mengembangkan pengetahuan.

through strategic design, management, implementation, and evaluation

Definisi terbaru ini mengembalikan kata "desain" dan "evaluasi" yang sempat hilang pada definisi 2008. Mengubah susunan proses dengan mendahulukan pengelolaan daripada implementasi. Definisi terbaru ini memperbarui paradigma lama bahwasanya evaluasi ialah tahapan yang tidak dapat terpisahkan dari sebuah siklus pengembangan maupun implementasi garapan teknologi pendidikan. Kembali menggunakan kata desain untuk memberikan ciri khas luaran yang bersifat eksperimental dan dapat berubah sesuai dengan tren dan isu yang hadir.

of learning experiences and environments

AECT menambahkan sasaran atau objek bidang garapan secara spesifik. Pembaruan ini selaras dengan perubahan yang menggabungkan memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan performa. Meskipun telah spesifik objek gararapan yang akan dikembangkan, bentuk atau luaran yang akan dihasilkan masih sangat luas bahkan tidak ada batasan selama objek garapan tersebut dapat digunakan untuk dalam meningkatkan pengalaman maupun lingkungan pembelajaran.

using appropriate processes and resources

Tidak ada batasan pada teknologi, proses, metode, alat dan bahan yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan, namun ketepatan penggunaan proses dan sumber daya ialah hal yang ditekankan. Analoginya, jangan membunuh nyamuk menggunakan roket.

Kesimpulan

Definisi tahun 2023 menunjukkan perkembangan yang signifikan dari definisi tahun sebelumnya. Teknologi Pendidikan menjadi bidang yang lebih kompleks, merambah dari kegiatan praktis hingga menjadi kegiatan riset dan pengemabngan ilmu pengetahuan. Objek bidang garapan yang lebih konkrit hingga menyungsung perubahan paradigma pembelajaran.

Educational Technology is the study and ethical practice of
facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing
appropriate technological process and resources

Definisi Teknologi Pendidikan 2008 (Januszewski and Molenda, 2008)

Referensi

Januszewski, A., Molenda, M., & Association for Educational Communications and Technology. (2008). Educational technology : a definition with commentary. Routledge.

“AECT Definition - Association for Educational Communications and Technology.” Accessed June 8, 2024. https://aect.org/aect/about/aect-definition.

Thank you to the 2023 Definition Task Force for their work on this definition.
Co Chairs: Albert Ritzhaupt, & Keith Heggart
Christopher Prokes
Kamla Al Amri  
Monalisa Dash
Michelle R. Gould
Royce Kimmons